Menggunakan Google Pay Tanpa Kartu Fisik

Melakukan pembayaran menggunakan nirsentuh adalah cara yang sangat efisien untuk digunakan pada masa modern seperti saat ini. Salah satu metode pembayaran dengan menggunakan nirsentuh yaitu menggunakan Google Pay.

Dengan adanya teknologi seperti ini proses mengirim dan mentransfer uang akan menjadi lebih mudah diakses dari sebelumnya. Karena hampir sebagian besar bank juga telah menerima metode pembayaran seluler.

Penggunaan GooglePay untuk Android saat ini hanya untuk area teluk San Francisco, namun tidak menutup kemungkinan akan terus berkembang hingga dapat di gunakan di seluruh belahan dunia.

Pemberlakuan ini muncul beberapa bulan setelah Google mulai menambahkan metode pembayaran untuk transportasi umum dan parkir. Cara penggunaannya kalian harus memiliki terlebih dahulu kartu Clipper untuk mentransfernya ke kartu virtual.

Akan tetapi semuanya dapat disederhanakan kembali setelah Anda menambahkannya ke dalam kartu virtual. Kartu tersebut menggunakan NFC, sehingga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dengan menyentuh bagian belakang ponsel.

Seluruh data kartu seperti saldo, nomor ID, dll akan secara otomatis tersalin kedalam perangkat seluler. Kemudian data tersebut akan tersingkron kembali ketika menggunakan Google Pay.

Meskipun Clipper membuat transisi dari kartu fisik menjadi lebih mudah, ada satu kekurangan yang signifikan. Setelah kartu terhubung ke aplikasi seluler, kartu pembayaran virtual Anda akan langsung dinonaktifkan.

Pemegang kartu RTC harus menyimpan kartu fisik mereka. Karena pada rilis awal aplikasi untuk menggunakan Google pay ini ada di Play Store, apliksi masih terdapat beberapa kegagalan NFC. Jadi jika kalian ingin beralih untuk menggunakan metode pembayaran ini, kalian harus memikirkannya kembali.

Saat ini Google belum menambahkan beberapa opsi publik berbayar ke dalam aplikasinya. Menurut The Verge, kemungkinan pengambilan tiket kereta juga dapat langsung mengguanakan maps, namun ini hanya rencana untuk masa yang akan datang.

Keamanan Google Pay

pembayaran GPay

Google akan melindungi informasi data karena ketika melakukan transaksi data dan nomor akan terenkripsi sementara dengan kata lain bukan menggunakan nomor yang sebenarnya.

Apabila terjadi kehilangan perangkat, pengguna dapat mengakses melalui komputer dengan akun Google. Dari tersebut Anda dapat mengunci, mencari, atau menghapus seluruh data yang ada pada perangkat.

Baca Juga :