Aplikasi Clubhouse Kini Tersedia di India dan Seluruh Dunia

Platform audio sosial khusus Undangan yaitu aplikasi Clubhouse, kini telah meluncurkan aplikasinya agar dapat dipakai di seluruh dunia, termasuk India. Aplikasi ini mulai dilakukan uji coba di AS pada beberapa minggu yang lalu.

Startup ini pada didirikan pada awal tahun 2020 dan didukung oleh perusahaan ventura Andreessen Horowitz. Awal didirikan aplikasi tersebut hanya tersedia di platform iOS Apple dan sudah bertahan selama sekitar satu tahun, kini pengembang menginformasikan bahwa mereka akan berencana untuk merilis aplikasi untuk versi Android di seluruh dunia.

Namun, Clubhouse masih mengambil pendekatan terukur dengan merilis aplikasi Android ini. Awal bulan ini, pengembang juga mengumumkan akan mempertahankan daftar tunggu sistem undangan untuk saat ini dan terus membukanya dalam beberapa bulan mendatang.

Hal ini terjadi karena mereka melihat pertumbuhan yang jauh lebih cepat dari pada apa telah mereka harapkan, mereka juga mengatakan mungkin ini merupakan sebagian dari efek pandemi Covid-19.

Selain itu juga hal ini akan berdampak pada sistem mereka, karena penggunaan yang berlebihan sistem akan menjadi downtime. Seperti apa yang telah dikatakan Clubhouse dalam postingannya bulan ini. “Hal tersebut membuat kami mengalihkan fokus pada perekrutan, perbaikan dan pembangunan perusahaan”.

Aplikasi Clubhouse dalam versi Android memiliki fitur yang cukup sederhana jika dibandingkan dengan aplikasi versi iOS. Aplikasi tidak mengizinkan para penggunanya untuk terhubung pada akun jejaring sosial media.

Akibatnya pengembang akan menghadapi persaingan yang semakin ketat saat ini, karena berbagai perusahaan teknologi seperti Twitter, Discord, Facebook, Spotify, Reddit, LinkedIn, Slack, dan Telegram telah meluncurkan atau sedang mengerjakan produk mereka.

Saat ini, semua pengguna di India menggunakan Twitter Spaces untuk membuat audio chatrooms atau yang lebih sering dikatakan “Space”. Jika di luar India, pengguna Twitter dengan 600 folower atau lebih dapat membuat hosting space.

Peluncuran ini diharapkan dapat memberikan Clubhouse sebuah dorongan terhadap pengguna sesuai dengan apa yang dibutuhkan, karena jumlah unduhanny saat ini telah menurun dalam beberapa bulan terakhir.

Di India, Clubhouse memiliki 14.000 unduhan pada bulan April, 20.000 unduhan di bulan Maret dan puncaknya sebanyak 42.000 di bulan Februari tahun ini. Secara total, aplikasi tersebut telah terunduh sekitar 922.000 unduhan dari seluruh dunia pada bulan April.

Baca Juga :